Langkah Pasti Menyetir Mobil Saat Hujan

Bookmark and Share
Menyetir mobil disaat hujan memang perlu berhati-hati karena kondisi jalanan yang licin dan anda juga harus menyesuaikan dengan kendaraan yang ada di sekitar anda dan juga genangan air atau banjir pada jalan yang akan anda lewati, Pengendara biasanya akan mengalami perasaan was-was, gugup, takut, dll, Berbeda halnya ketika cuaca panas. Apalagi ketika hujan yang mengguyur cukup deras. Oleh karena itu, untuk menghindari hal yang tidak di inginkan mayoritas pengendara akan bersikap hati-hati. Dengan mempersiapkan segala sesuatu lebih dini atau berkendara dengan pelan dari pada biasanya, sebenarnya itu adalah hal yang pertama dan tepat yang harus anda lakukan, berikut ada beberapa tips untuk anda:

- Pastikan kendaraan anda dalam performa yang optimal. Selain mesin, ban, lampu, serta wiper juga menjadi poin utama untuk mengantisipasi hal yang tidak anda inginkan selama perjalanan ketika hujan.
- Hidupkan lampu depan. Dalam kondisi hujan deras, lampu akan sangat membantu anda untuk mendapatkan jarak pandang yang lebih baik.
- Jaga jarak. Bukan hanya ketika tidak hujan, dalam kondisi hujan anda justru harus menjaga jarak secara ekstra dengan pengendara lainnya. Karena hal ini untuk mengantisipasi keterbatasan pandangan terhadap pengendara lainnya, atau bisa juga sekedar untuk berjaga-jaga jika rem kendaraan anda tidak berfungsi secara normal.
- Hindari genangan air. Berusahalah untuk menghindari genangan air, karena bisa saja terdapat lubang di baliknya yang menjadikan anda (atau penumpang jika ada) tidak nyaman ketika berkendara. Dan jika memang anda harus melintasi genangan air, injaklah pedal rem untuk sekedar mengeringkan rotor rem anda.
- Pilihlah jalur tengah. Pada poin ini, anda dapat melakukannya ketika memungkinkan untuk dapat mengendara pada jalur tengah. Karena biasanya jalur tengah memiliki ketinggian yang lebih baik daripada jalur tepi.

Demikian tipsnya mengendarai mobil dalam menghadapi musim hujan, temukan info menarik tentang sewa mobil jazz jakarta



Temukan artikel terkait:  Tips Periksa Mesin Mobil Bekas Ketika Ingin Membelinya

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar